SIKAP BAHASA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI I CIPAKU KABUPATEN CIAMIS TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA

Idan Setiari

Abstract


Kedudukan bahasa Indonesia kini semakin mantap sebagai wahana komunikasi, baik dalam hubungan sosial maupun dalam hubungan formal. Pemakaian bahasa Indonesia sejak tingkat Sekolah Dasar sampai dengan tingkat Perguruan Tinggi menunjukan kemantapan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Namun, masih cukup banyak pemakai atau pengguna bahasa nasional kita yang belum mempergunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai dengan konteks pemakaiannya. Demikian pula penelitian bahasa Indonesia perlu digalakan sehingga pengembangan bahasa nasional akan terus berlandaskan pada temuan penelitian yang terarah dan terpadu. Menyikapi uraian tersebut di atas, seperti yang dialami penulis pada studi pendahuluan bahwa sikap berbahasa  siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan  Negeri I Cipaku Kabupaten Ciamis belum memenuhi harapan (tidak menggembirakan). Hal ini tercermin dalam berkomunikasi formal maupun nonformal bersama mitra bicaranya. Artinya bahwa para siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Cipaku Kabupaten Ciamis belum memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak sikap bahasa siswa-siswi terhadap kemampuan berbahasa Indonesia di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Cipaku Kabupaten Ciamis khususnya bidang studi keahlian agribisnis dan agroteknologi dengan kompetensi keahlian agribisnis tanaman pangan dan hortikultura Tahun Ajaran 2023/2024. Dengan demikian fokus kajian penelitian ini pada hakikatnya guna mengetahui keterkaitan penggunaan bahasa siwa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Cipaku Kabupaten Ciamis terhadap bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah survai ekplanatori dengan desain kuantitatif yang dilakukan secara cross sectional dengan sumber data siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Cipaku Kabupaten Ciamis sejumlah 51 orang dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan bersifat positif dan negatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap bahasa siswa memiliki dampak sebesar 62.62 % terhadap kemampuan berbahasa Indonesia, dengan demikian sikap bahasa siswa dapat mempengaruhi setiap perubahan yang terjadi pada kemampuan berbahasa Indonesia, artinya jika semakin baik sikap bahasa siswa, maka   semakin meningkat pula kemampuan berbahasa Indonesia siswa pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Cipaku Kabupaten Ciamis.

Kata kunci: Sikap bahasa, Kemampuan berbahasa

 

The position of Indonesian is now increasingly established as a vehicle for communication, both in social and formal relationships. The use of Indonesia from elementary school level to university level shows the stability of Indonesian as a riational language. However, there are still quite a lot of speakers or users of our national language who do not use Indonesian properly and correctly according to the context in which they are used. Likewise, Indonesian language research needs to be encouraged so that the development of the national language will continue to be based on focused and integrated research findings. Responding to the description above, as experienced by the author in the preliminary study, the language attitudes of studens at Cipaku State Vocational High School I Ciamis Regency have not met expectations (not encouranging). This is reflected in formal and informal communication with conversation partners.  This means that the students of Cipaku State Vocational High School I Ciamis Regency do not yet have the ability to communicate well and correctly. The aim of our research is to determine the impact of students’ language attitudes on their Indonesia language skills at Cipaku State Vocational High School I, Ciamis Regency, especiallly in the field of study of agribusiness and agrotechnology skills with food crop and horticulture agbusiness skills competencies for the 2023/2024 Academic Year.  Thus, the focus of this research study is essentially to find out the relationship between the language use of Cipaku State I vocational School Students, Ciamis Regency and the Indonesian language. The research method used was an  explanatory survey with a quatitative design carried out in a cross sectional manner with the data source being 51 students of Cipaku State Vocational School I Ciamis Regency and the data collection technique was carried out through a questionnaire which contained positive and negative questions. The results of the research show that students’ language attitudes have an impact of 62,62% on Indonesian language skills, thus students’ language attitudes can influence any changes.that occur in Indonesian language skills, meaning that the better the students’ language attitudes, the better the students’ Indonesian language skills will be Cipaku I State Vocational High School, Ciamis Regency.

Keywords: Language attitude, language ability


Full Text:

PDF (68-83)

References


Arikunto, Suharsimi. 2017. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin. 2013. Metode Penelitian.Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Chaer, Abdul.2002. Pembakuan Bahasa Indonesia.Yogjakarta: Tiara.

Chaer, Abdul dan Agustina, Leoni.2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Fishaman, S. 2009. Kebutuhan Akan Penutupan Kognitif. Dalam MR Leary & RH Hoyle (eds.)

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Koentjaraningrat. 1969. Pengantar Antropologi. Jakarta: P.D. Aksara.

Kridalaksana, Harimukti. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka.

Masnur, Muslih. 2010. Perencanaan Bahasa Pada Era Globalisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Pateda, Mansoer. 1987. Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa

Pateda, Mansoer. 1990. Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa.

Rokhmansyah, Alfian, dkk. 2018. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Semarang: UNNES PRESS.

Sumarsono. 2002. Sosiolinguistik. Yogjakaarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

        

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.