ANALISIS WACANA KRITIS BERITA "PERANG ISRAEL-HAMAS BERLANJUT, KORBAN TEWAS DI GAZA TEMBUS 22.000 ORANG" PADA DETIKNEWS

Aprillia Arindita, Markhamah Markhamah, Markhamah Markhamah

Abstract


Penelitian analisis wacana kritis memiliki urgensi yang penting dalam konteks sosial dan akademis. Analisis wacana kritis adalah pendekatan kajian yang mendalam terhadap teks untuk mengungkapkan ideologi, kekuasaan, dan konflik sosial yang terkandung di dalamnya. Metode ini memeriksa bagaimana bahasa digunakan untuk menciptakan ketidaksetaraan dan memahami peran kekuasaan dalam produksi teks. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui analisis wacana kritis makro, superstruktur, dan struktur mikro dalam berita perang Israel-Hamas berlanjut, korban tewas di Gaza tembus 22.000 orang pada Detiknews. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian deskriptif kualitatif tujuan penelitian  deskriptif  adalah  membuat   penjelasan   secara   sistematis,   faktual,   dan   akurat   mengenai   fakta-fakta   dan   sifat-sifat   populasi   atau   daerah   tertentu.  , metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu, Klasifikasi penggolongan dan pengelompokan dan pembahasan setiap data. Teori yang digunakan dalam penelitian analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk, yang terdiri dari Analisis Makro, Analisis Supertruktur dan Analisis Mikro.

Kata kunci: Analisis wacana kritis, berita, perang israel dan hamas

Full Text:

PDF (172-178)

References


Alfaritsi, S., Dewi A., dan Abdul F. (2020). Analisis Wacana Kritis Berita ‘Tentang Social Distance, Cara Pemerintah Cegah Penyebaran Virus Corona’ Di Detik.Com. Jurnal Communicology, 8(1): 131-152.

Cenderamata, R.C., Darmayanti, N. (2019). Analisis Wacana Kritis Fairclough pada Pemberitaan Selebritis di Media Daring. Jurnal Literasi, 3(1).

Christiastuti, N. (2024) Perang Israel-Hamas Berlanjut, Korban Tewas di Gaza Tembus 22.000 Orang. Diakses pada 4 Oktober 2023.

Humaira, H. W. (2018). Analisis Wacana Kritis (AWK) Model Teun A. Van Dijk pada Pemberitaan Surat Kabar Republika. Jurnal Literasi, 2(1): 32-40.

Miftah, I.R. (2021). Analisis Dampak Serangan 11 Hari Israel di Gaza Palestina pada Kompas.com dan Detik.com. Skripsi.

Mukhlis, M., Akbar A.M., Heny, K.W., Kokom, K., Sumarlam. (2020). Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Djik pada Surat Kabar Online dengan Tajuk Kilas Balik Pembelajaran Jarak Jauh Akibat Pndemi Covid-19. GERAM (Gerakan Aktif Menulis), 8(2).

Payuyasa, I.N. (2017). Analisis Wacana Kritis Model Van Dijk Dalam Program Acara Mata Najwa di Metro TV. SEGARA WIDYA Jurnal Hasil Penelitian 5: 14-24.

Situmorang, H.P.J., Silviana, P., Nurliah. (2018). Analisis Wacana Kritis Van Dijk Terhadap Berita Serangan Tentara Israel di Jalur Gaza pada Harian Kaltim Post. eJournal Ilmu Komunikasi, 6(3): 123-135.

Syawaludin, M. (2019). Analisis Wacana Kritis dalam Kumpulan Pidato Presiden Republik Indonesia ke-7 Ir. Joko Widodo. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1).

Sr.Maria A.K. (2002) Dasar- Dasar Public Relation Teori dan Praktik. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

        

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.