RANCANG BANGUN APLIKASI ABSENSI PEGAWAI BERBASIS WEB

Rika Nurikawati

Abstract


Aplikasi merupakan suatu  program siap pakai yang dapat digunakan untuk menjalankan printah-printah dari pengguna aplikasi tersebut dengan tujuan mendapatkan hasil yang lebih akurat sesuai dengan tujuan pembuatan aplikasi tersebut yang berpacu pada sebuah komputansi yang diinginkan atau diharapkan maupun pemrosesan data yang diharapkan. Dalam suatu perkantoran, absensi manual kertas masih jauh dari harapan untuk keefektifan melakukan absensi, yaitu dengan tanda tangan pada lembar kertas. Absensi manual menghasilkan banyaknya kertas yang digunakan sehingga membuat banyaknya kertas absensi tersebut menjadi menumpuk, serta keamananya pun kurang, sehingga tidak memberikan kemudahan, keakuratan, kelancaran dan keefektivitasan kerja. Maka dari pada itu diperlukan sebuah aplikasi mengenai absensi pegawai untuk mempermudah dan dapat mengetahui absensi pegawai dengan cepat yang membuat pekerjaan lebih efektif serta efisien. Dengan demikian penulis membuat sebuah aplikasi mengenai absensi pegawai yang berjudul rancang bangun aplikasi absensi pegawai berbasis web. Dalam proses pembuatan aplikasi absensi pegawai ini  berbasis web dan menggunakan framework laravel serta dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan metode Extreme Programming (XP) yang merupakan salah satu dari beberapa Proses Agile popular. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi absensi berbasis web dengan menggunakan framework laravel yang dapat memudahkan pengelolaan absensi pegawai lebih efektif  dan cepat dari pada sebelumnya.

Full Text:

PDF

References


Hasan Abdurahman, 2014, Aplikasi Penjamin Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti, jurnal computech & bisnis, No.2, Vol.8, hal.61-69.

Pohan, Husni Iskandar. 2003,Pengantar Perancangan Sistem. Erlangga: Jakarta

Proboyekti, U. (2011). Extreme Programing. Yogyakarta.

Yulistiawan,dkk. 2011. Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Karyawan (Studi Kasus: Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Harta Insan Karimah), Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi,No. 4 vol 2, hal.1-8, Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Cetak : 2528-3820

Copyright © 2016 Fakultas Teknik Universitas Majalengka. All Right Reserved.