ANALISIS DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR

Sri Rohartati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi mendapatkan informasi kendala proses belajar mengajar secara online di rumah akibat dari adanya pandemic COVID-19. Penelitian menggunakan metode studi kasus eksplorasi dan pendekatan penelitiannya menggunakan metode studi kasus kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan informasi kendala dan akibat dari pandemic COVID-19 terhadap kegiatan proses belajar mengajar di sekolah dasar.Dalam penelitian ini, responden sebanyak 10 orang guru dan 5orang tua murid di SDN Jati dan SDN Sarimukti Kec. Cipatat Kab. Bandung Barat. Untuk tujuan kerahasiaan, responden diberi inisial GR1, GR2, GR3, GR4, GR5, GR6, GR7, GR8, GR9, GR10, OT1, OT2, OT3, OT4, OT5. Wawancara semi-terstruktur dilakukan dan daftar pertanyaan disusun untuk wawancara dikembangkan berdasarkan literatur terkait. Responden untuk penelitian ini adalah para guru dan orang tua murid di sebuah sekolah dasar di SDN Jati dan SDN Sarimukti Kec. Cipatat Kab. Bandung Barat. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa kendala yang dialami oleh murid, guru dan orang tua dalam kegiatan belajar mengajar online yaitu penguasaan teknologi masih kurang, penambahan biaya kuota internet, adanya pekerjan tambahan bagi orang tua dalam mendampingi anak belajar, komunikasi dan sosialisasi antar siswa, guru dan orang tua menjadi berkurang dan Jam kerja yang menjadi tidak terbatas bagi guru karena harus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan orang tua, guru lain, dan kepala sekolah.


Keywords


pandemi; pembelajaran daring; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5), 395-402.

Butler Kaler, C. (2012), "A model of successful adaptation to online learning for collegeā€bound Native American high school students", Multicultural Education & Technology Journal, Vol. 6 No. 2, pp. 60-76. https://doi.org/10.1108/17504971211236245

Chakraborty, M. and Muyia Nafukho, F. (2014), "Strengthening student engagement: what do students want in online courses?", European Journal of Training and Development, Vol. 38 No. 9, pp. 782-802. https://doi.org/10.1108/EJTD-11-2013-0123

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Drago, W. and Wagner, R. (2004), "Vark preferred learning styles and online education", Management Research News, Vol. 27 No. 7, pp. 1- 13.https://doi.org/10.1108/01409170410784211

Hanum, N.S. (2013). Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal pendidikan vokasi, vol.3, no.1 (2013) diunduh pada journal.uny.ac.id/index.php/jpu/article/view/1584/1314

Hidayat (2017). ANALISIS HAMBATAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIKA Jurnal JPPM Vol. 10 No. 2 (2017) diundu tanggal 09 September 2021

Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PKM Lesson Study. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 122-129.

Lewis, S., Whiteside, A. and Dikkers, A. (2015), "Providing Chances for Students to Recover Credit: Is Online Learning a Solution?", Exploring Pedagogies for Diverse Learners 11 | P a g e Online (Advances in Research on Teaching, Vol. 25), Emerald Group Publishing Limited, pp. 143-157. https://doi.org/10.1108/S1479- 368720150000027007

Mastura, 2 Rustan Santaria. 2020.D ampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia. Volume 2. No.3.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Simmons, D. E. (2002). The Forum Report: E-learning Adoption Rates and Barriers. The ASTD e-Learning Handbook, 19-23.

Sulestri, A. I., & Baharuddin, M. R. (2019). Media Pembelajaran Geometri dalam Konsep Behavioristik. Prosiding Semantik, 2(1), 43-46William, A. D., & Richard, J. W. (2004). Vark Preferred Learning Styles and Online Education. Management Research News, 27(7), 1-13.

Tjandra, D. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Abad 21. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1-10

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51-65.

Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82-92.

Waryanto, N.H. (2006). Online learning sebagai salah satu inovasi pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Matematika, Vol. 2, No.1, Desember 2006: 10-23diunduhpadatgl09-09-2021http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/ 132304807/Online%20 Learning%20sebagai%20Salah%20Satu%20Inovasi%20Pembelajaran.pdf

Watjatrakul, B. (2016), "Online learning adoption: effects of neuroticism, openness to experience, and perceived values", Interactive Technology and Smart Education, Vol. 13 No. 3, pp. 229-243. https://doi.org/10.1108/ITSE-06- 2016-0017

Yoo, S., Jeong Kim, H. and Young Kwon, S. (2014), "Between ideal and reality: A different view on online-learning interaction in a crossnational context", Journal for Multicultural Education, Vol. 8 No. 1, pp. 13-30. https://doi.org/10.1108/JME-04-2013-0018

Zapalska, A., & Brozik, D. (2006). Learning Styles and Online Education. CampusWide Information Systems.

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1)

Zhao, F. (2003), "Enhancing the quality of online higher education through measurement", Quality Assurance in Education, Vol. 11 No. 4, pp. 214-221. https://doi.org/10.1108/09684880310501395




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 sri rohartati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.