KONTRIBUSI LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH BERBASIS AGAMA TERHADAP RELIGIOSITAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Taofik Taofik, Muhammad Nur Wangid

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan kurikulum 2013 yang menekankan pada pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur nilai hubungan antara lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah berbasis agama dengan religiositas siswa kelas V Sekota Magelang baik secara tunggal maupun bersamaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas V SD berbasis agama Sekota Magelang sebanyak 392 siswa yang terdiri dari SD Muhammadiyah 1 Alternatif berjumlah 144 siswa, SDIT Ikhsanul Fikri berjumlah 151 siswa, SD Islam Al Iman berjumlah 40 siswa, SD Kristen 1 berjumlah 15 siswa dan SD Pantekosta berjumlah 38 siswa. Sampel penelitian berjumlah 198 siswa, dipilih dengan teknik sampel proporsional acak bertujuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket lingkungan keluarga, angket lingkungan sekolah berbasis agama dan angket religiositas dengan skala likert. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda berbantuan SPSS-20. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah berbasis agama dengan religiositas, baik secara tunggal maupun bersama. Adanya nilai kontribubsi positif maka orang tua di lingkungan keluarga serta guru pada lingkungan sekolah berbasis agama senantiasa memantau rutinitas ibadah, mengingatkan untuk beribadah tepat waktu, menyediakan fasilitas ibadah dan memberikan sanksi jika anak tidak beribadah.


Keywords


lingkungan keluarga; lingkungan sekolah berbasis agama; religiositas

Full Text:

PDF

References


Effendy, N. (1998). Dasar-dasar keperawatan kesehatan masyarakat (edisi kedua). Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Ermawati. (2016). Hubungan antara keharmonisan keluarga dengan perilaku siswa sekolah dasar. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 2(3), 183–187.

Gardner, R., Cairns, J., & Lawton, D. (2005). Faith schools: Consensus or conflict? RoutledgeFalmer.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 21. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hajaroh, M. (1998). Sikap dan perilaku keagamaan mahasiswa Islam di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi, 1(1), 19–31.

Handel, G. (2006). Childhood socialization. Aldine Transaction.

Huff, A. ., & Cotte, J. (2016). The evolving family assemblage: how senior families “do” family. European Journal of Marketing, 50, 892–915. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/EJM-02-2015-0082

Husni, M. (2016). Studi pengantar pendidikan agama Islam. ISI Padang Panjang Press.

Kumar, R., & Lal, R. (2014). Study of academic achievement in relation to family environment among adolescents. The International Journal of Indian Psychology, 2(1), 146–155.

Long, R., & Bolton, P. (2015). Faith schools in England: FAQs. House of Commons Library.

McCreery, E., S, P., & Voiels, V. (2008). Teaching religious education: Primary and early years. Learning Matters Ltd.

McElory, M. (1952). Resistance to exercise : A social Analysis of Incative. Human Kinetics.

Mulyadi. (2017). Pengaruh layanan konseling kelompok terhadap religiusitas siswa MTsN Arjasa Jember. Jurnal Insight, 13(1), 56–66.

Oppong, S. . (2013). Religion and identity. American International Journal of Contemporary Research, 3(6), 10–16.

Patrikios, S., & Cutrice, J. (2014). Attitudes towards school choice and faith schools in the UK: A question of individual preference or collective interest? Journal Social Politic, 43(3), 517–534.

Schwartz, K. D. (2006). Transformations in parent and friend faith support predicting adolescents’ religious faith. The International Journal for the Psychology of Religion, 16(4), 311–326.

Stark, R., & Glock, C. . (1974). American piety: The nature of religious commitment. University of California Press.

Steinmetz, S. . (2013). Family and support system across the life span. Springer Science and Business Media LLC.

Striepe, M., Clarke, S., & O’Donoghue, T. (2014). Spirituality, values and the school’s ethos: Factors shaping leadership in a faith-based school. Issues in Educational Research, 24(1), 85–97.

Thouless, R. H. (1992). Pengantar psikologi agama. PT. Raja Grafindo Persada.

Torluccio, G. (2012). No Title. Unversity of Bolongna.

Vermeer, P. (2014). Religion and family life: An overview of current research and suggestions for future research. Religions, 5, 402–421.

Yahaya, A., Lee, G. M., & Maalip, H. (2014). Factors that influence student’s performance in academic, discipline and interest at boarding school in Pahang. Journal of Psychology and Behavioral Science, 2(2), 271–282.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Taofik Taofik, Muhammad Nur Wangid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.