PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI-BP DI SD BERBASIS APLIKASI CANVA

Riono Riono, Fauzi Fauzi

Abstract


Virus Covid 19 berdampak pada sector pendidikan. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadikan tantangan kepada guru untuk berinovasi, kreatif. Pendidikan bukan sekedar penyampaian ilmu semata. Pendidikan diujudkan bentuk amaliah atau praktek bagi peserta didik. Pembelajaran PAI dan BP di SD dibutuhkan pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan tidak membosankan. Penelitian ini bertujuan pada pengembangan media pembelajaran berbasis Canva, saat pandemic. Untuk mengetahui efektivitas dan kelayakan media pembelajaran PAI-BP pada tema “Bulan Ramadhan Yang Indah” berbasis aplikasi Canva sehingga meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik di SDN 1 Windunegara. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dan model digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Produk ini divalidasi oleh 1 ahli media, dan diuji coba oleh 22 peserta didik SDN 1 Windunegara. Hasil validasi menunjukan ahli media memperoleh rata- rata 78,75% yang termasuk kategori “Valid”. Implementasi media canva dengan link yang dikirim melalui WA grup kelas V.  Hasil respon peserta didik terhadap produk, rata- rata 86,37%, hal tersebut menujukan produk layak digunakan. Hasil pretes dan posttes menunjukan keefektivan media pengembangan berbasis aplikasi Canva dengan hasil 100 % nilai meningkat walaupun 13,6% belum tuntas. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media berbasis aplikasi Canva dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


canva; media pembelajaran; pengembangan

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30.

Arsyad, A. (2005). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288.

Güçyetmez, F. T., Andrabi, J. A., & Ridwan, M. (2020). Implications behind the Covid 19: A Profound Structural Change Out Of Catastrophy? Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal, 2(3), 690–697.

Hadi, M. J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mahasiswa PAI Berbasis Whatshap. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 15(1), 1–14.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: Hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.

Jannah, M. (2018). Pengembangan media video animasi digestive system untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).

Melinda, T., & Saputra, E. R. (2021). Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor Di Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(2), 96–101.

Mulianti, M., Asisah, A., & Najamuddin, F. (2021). Webinar Pelatihan Media Pembelajaran di masa pandemi covid-19. Journal Lepa-Lepa Open, 1(2), 307–311.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), 79–96.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susilowati. (2020). Pengalaman Baik Pembelajaran di Rumah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 6 Semarang dalam Pengalaman Baik Mengajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid 19 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (e-book). Kemdikbud.

Suwarno, S., Hidayat, M. A., Nikmah, S. Z., Nurfitriani, R., & Ramadan, R. (2021). Teacher Strategies in Learning during the Covid-19 Pandemic at Madrasah Ibdidaiyah Negeri (MIN) 2 Central Aceh. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(3), 3465–3472.

Tafano, T. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2), 79–85.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa COVID 19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 RIONO -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.