PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL GURU TRIGUNTAR DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR MANDIRI MATEMATIKA ANAK SEKOLAH DASAR

Meta Br Ginting, Gerson Manuel, Marudut Sitorus

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengukur tingkat kelayakan media Audiovisual Guru Triguntar sebagai media pembelajaran matematika di sekolah dasar, serta mendeskripsikan perkembangan motivasi belajar mandiri anak melalui pemanfaatan media Audiovisual Guru Triguntar. Prosedur pengembangan media mengikuti model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Sampel penelitian adalah individu yang dipilih dengan teknik purposive sampling, dengan syarat memenuhi karekteristik yang telah ditetapkan. Teknik pengumpulan data untuk menghimpun data kelayakan media Audiovisual Guru Triguntar menggunakan kuesioner angket rating scale, dianalisis dengan rumus persentase hasil. Sedangkan teknik pengumpulan data perkembangan motivasi belajar mandiri sampel penelitian menggunakan instrumen observasi, catatan temuan, dokumentasi dalam bentuk video, dan selanjutnya dianalisis dengan teknik reduksi data.  Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1)  Media Audiovisual Guru Triguntar sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika di sekolah dasar dan relevan untuk anak kelas rendah maupun kelas tinggi, karena penggunaannya dapat  disesuaikan dengan kebutuhan; (2) Pemenuhan kebutuhan anak akan rasa aman, cinta dan rasa dihargai selama proses pengenalan dan penggunaan media Audiovisual Guru Triguntar dalam menyelesaikan masalah geometri, dapat menjadi pemicu tumbuhnya motivasi belajar mandiri.

Keywords


matematika; media audiovisual guru triguntar; motivasi belajar mandiri

Full Text:

PDF

References


Ashby, B. (2009). Exploring children’s attitudes towards mathematics. Proceedings of the British Society for Reasearch into Learning Mathematics, 29(1), 7–12.

Bojović, I., & Antonijević, R. (2017). Students’ Motivation to Learn in Primary School. Open Journal for Psychological Research, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.32591/coas.ojpr.0101.02011b

Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, September, 16–37. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v10i430273

Ginting, M. B. (2020). Improving the Memory through Singing Method of Children Ages 5 - 6 Years in Kindergarten Insan Pandhega. International Journal of Emerging Issues in Early Childhood Education, 1(2), 93–110. https://doi.org/10.31098/ijeiece.v1i2.44

Gordon, S., & Nicholas, J. (2005). Three case studies on the role of memorising in learning and teaching mathematics. International Group for the Psychology of M Athematics Education, 3, 57.

Kennedy, L. (2019). How Attitude Towards Math Impacts Student Achievement. In Prodigy. https://www.prodigygame.com/main-en/blog/attitude-towards-math/

Kurniawati, U. M., & Maemonah, M. (2021). Analisis Hierarki Kebutuhan Maslow Dalam Pembelajaran Daring Anak Usia Dasar: Analisis Jurnal Sinta 2 Sampai 6. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 51. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a5.2021

Kusumastuti, Adhi.,Khoiron, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif (S. Fitratun Annisya (ed.)). Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Latief, S., & Wisudawati, F. (2020). Adanya Lingkugan Belajar Yang Kondusif Dan Dorongan Yang Kuat Untuk Belajar. 1–12. https://www.researchgate.net/publication/338897856_Pengaplikasian_teori_hierarchy_of_needs_Maslow_dalam_meningkafkan_motivasi_belajar_siswa

Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. In Alfabeta. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196603252001121-MUNIR/BUKU/Pembelajaran%2520Digital.pdf&ved=2ahUKEwj-oITXwpbpAhWf7HMBHYxmDaIQFjAAegQIARAB&usg=AOvVaw3FGMSFjUjBN9Rjdvb5NBzI&cshid

Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Dengan. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.

Prasetia, F. (2016). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jkpm, 01(02), 257–266.

Pratama, R., Waskitoningtyas, R., & Permatasari, B. (2019). Pengembangan Metode HARUM PALA ( Hafalan Rumus Pakai Lagu ) pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Balikpapan. Jurnal Matematika, 2, 84–98.

Priatna, Nanang., Y. R. (2019). Pembelajaran Matematika. Remaja Rosdakarya.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

Rikhotso, S. B. (2015). Primary School Learners’ Attitudes On Mathematics Learning In Mathematics. CORE. https://prodigy-legacy-images.s3.us-east-2.amazonaws.com/legacy-images/Game-Based-Learning-Literature-Attitude-Toward-Math.pdf

Sari, E., & Dwiarti, R. (2018). Pendekatan Hierarki Abraham Maslow pada prestasi kerja karyawan PT. Madubaru (PG Madukismo) Yogyakarta. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 6(1), 58. https://doi.org/10.26486/jpsb.v6i1.421

Suherman, Y. (2009). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN (pp. 64–80). Bumi Makmur.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Widyastuti, E. (2019). Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012052

Wisnu, J., Santoso, H. budi, Purbarani, S. C., & dkk. (2015). Panduan Penulisan Artikel Ilmiah [buku on-line]. August 2016, 22–23, 34–36. https://www.researchgate.net/publication/305769068

Woodham, B. L. (2016). Geometry in the Primary Curriculum. February.

Wulandari, R. (2008). Karakteristik Lagu Yang Sesuai Untuk Anak Ditinjau Dari Segi Ambitus. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4(2).

Yurniwati. (2019). Pembelajaaran Aritmatika di Sekolah Dasar. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Meta Br Ginting, Gerson Manuel, Marudut Sitorus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.