ANALISIS KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN DARING

Riga Zahara Nurani, Fajar Nugraha

Abstract


Pemberian tugas portofolio kepada siswa Sekolah Dasar di masa pandemik merupakan salah satu pembelajaran yang efektif, nilai karakter tanggung jawab merupakan suatu proses yang utama yang perlu diperhatikan pada saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis karakter tanggung jawab siswa di masa belajar daring pada sekolah dasar di kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan populasi penelitian adalah orang tua siswa yang memiliki anak usia sekolah dasar dengan 65 responden yang dilaksanakan melalui google form. Teknik pengolahan data dilakukan melalui 5 tahapan yaitu editing, coding, skoring, tabulasi, dan penyajian data tersusun. Adapun hasil penelitian ini menyatakan bahwa 10 indikator karakter tanggung jawab menunjukan persentase lebih banyak memilih selalu. Maka berdasarkan hasil analisis karakter tanggung jawab selalu di laksanakan pada saat kegiatan belajar daring.


Keywords


karakter; pembelajaran daring; siswa sekolah dasar; tanggung jawab

Full Text:

PDF

References


Agustina, I. (2020). Efektivitas pembelajaran matematika secara daring di era pandemi covid-19 terhadap kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Universitas Negeri Medan, 1.

Anggereni, D. T., Sasongko, R. N., Kristiawan, M., Riyanto, M., & Susanto, E. (2021). Analisis Nilai Kemandirian Siswa pada Pembelajaran Daring. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 4(1), 16–23.

Ardila, R. M., Nurhasanah, N., & Salimi, M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Pembelajarannya di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Ariyani, C., Sukamto, S., & Listyarini, I. (2021). ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SDN 01 PADURAKSA KABUPATEN PEMALANG. Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan, 1(1).

Cahyani, N., & Winata, H. (2020). Peran Efikasi dan Disiplin Diri Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 5(2), 234–249.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Penelitian Kualitati, Kuantitatif dan Campuran. PT. Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Fitri, A. Z. (2012). Reinventing Human Character: Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Harahap, A. S. H. (2014). PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENGURANGI SIKAP PROJECTION PADA SISWA KELAS II SMP NEGERI 15 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. UNIMED.

Helmi, A. F. (1996). Disiplin kerja. Buletin Psikologi, 4(2), 1–2.

Huzaimah, P. Z., & Amelia, R. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 533–541.

Kemendiknas, T. P. K. (2010). Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Tidak Diterbitkan.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi kurikulum 2013: konsep & penerapan. Kata Pena.

Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan kemandirian siswa selama pembelajaran daring sebagai dampak covid-19 di sd. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1).

Lestari, V. Y., & Ambara, D. P. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Anak pada saat Pembelajaran Daring. Mimbar Ilmu, 26(3).

Magdalena, I., Fauzan, M. I., Tantular, L. D., & Syafitri, H. A. (2021). Analisis Penggunaan Gadget pada Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Kelas IV SD Negeri 09 Pagi Semanan. PANDAWA, 3(1), 46–57.

Mahmudah, M., Kapi, M. B., & Muslimah, M. (2021). Parental Participation-Based Portfolio Assessment during Covid-19 Pandemic. Bulletin of Science Education, 1(1), 1–6.

Matussolikhah, R., & Rosy, B. (2021). PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 225–236.

Nurliana, N., & Aini, N. (2021). DAMPAK GADGET TERHADAP KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK DALAM KELUARGA DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN LUT TAWAR. Jurnal As-Salam, 5(1), 101–109.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7 (2).

Rukiyati, R., Sutarini, Y. C. N., & Priyoyuwono, P. (2014). Penanaman nilai karakter tanggung jawab dan kerja sama terintegrasi dalam perkuliahan ilmu pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter, 2.

Safitri, R. I. (2019). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DI SEKOLAH. Prosiding Seminar Nasional LP3M, 1, 187–189.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Setyadi, Y. B. (2021). Penanaman Karakter Tanggung Jawab Terkait Penyelesaian Tugas Sekolah Selama Pembelajaran Berbasis Online Pada Anak Di Desa Demakan Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Tahun 2020. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Siburian, P. (2012). Penanaman dan implementasi nilai karakter tanggung jawab. Jurnal Generasi Kampus, 5(1), 85–102.

Sumargono, S. (2019). ANALISIS KEPEMIMPINAN SISWA DALAM PENERAPAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DAN SIMULASI PADA PEMBELAJARAN SEJARAH. ANALISIS KEPEMIMPINAN SISWA DALAM PENERAPAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DAN SIMULASI PADA PEMBELAJARAN SEJARAH, 13(1), 74–83.

Supranoto, H. (2015). Implementasi pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran SMA. Jurnal Promosi, 3(1), 36–49.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34.

Wahyuningsih, T. (2021). Peran Guru Dalam Mengembangkan Sikap Sosial Siswa Melalui Pembelajaran Tematik Di Kelas 3 MI GUPPI Sidomulyo Pacitan. IAIN PONOROGO.

Yakub, E., Al-Jannah, R. N., & Rosmawati, R. (2021). Perbedaan Tingkat Daya Juang dan Motivasi Berprestasi Siswa Ditinjau dari Pendapatan Orang Tua Saat Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID-19. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 4(1), 42–49.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Riga Zahara Nurani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.