ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD UPI CIBIRU TERHADAP MATA KULIAH PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH DASAR

Dinie Anggraeni Dewi, Geovany Sabaritha Nimaisa, Syalwa Poetri Chiekal Amalia

Abstract


Pembelajaran PKn di SD merupakan salah satu mata kuliah yang tengah ditempuh mahasiswa PGSD semester 3 di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru. Sebagai seorang calon guru tentunya harus menunjukkan penguasaan dan pemahamannya terhadap pembelajaran PKn di SD. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan menganalisa seberapa jauh pemahaman dan esensi yang didapat mahasiswa dari perkuliahan pembelajaran PKn di SD. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model pendekatan induktif yaitu mengumpulkan data melalui hasil survey yang telah disebarkan kepada 40 responden Mahasiswa PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru. Dalam melaksanakan survei, peneliti menggunakan kuisioner online yang memuat rumusan pertanyaan dari hasil literasi berbagai sumber terkait pembelajaran PKn di SD. Setelah mengumpulkan jawaban responden, peneliti masuk kedalam tahap mengolah data dengan mengelompokkan jawaban tersebut ke dalam beberapa kategori yaitu kategori pertama memiliki pemahaman yang kurang, kategori kedua memiliki pemahaman yang cukup dan kategori ketiga memiliki pemahaman yang tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa PGSD UPI Cibiru telah memiliki dasar pemahaman yang cukup baik terlihat dari jawaban yang diberikan mengenai pengetahuan dasar pembelajaran PKN di SD, materi yang terdapat dalam pembelajaran PKN di SD, kemampuan yang harus dimiliki dalam mengajarkan pembelajaran PKn di SD, pemahaman terkait esensi perkuliahan pembelajaran PKn di SD serta telah menyadari bahwa perkuliahan tersebut sangat penting bagi mahasiswa PGSD UPI Cibiru. Melalui penelitian ini diharapkan dapat berimplikasi terhadap perkuliahan pembelajaran PKn di SD baik bagi mahasiswa dan dosen pengampu.


Keywords


mahasiswa UPI Cibiru; pemahaman; pembelajaran PKn

Full Text:

PDF

References


Amroellah, A., Suarmika, P. E., & Utama, E. G. (2018). Analisis Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Muatan Pelajaran PPKn di Kecamatan Situbondo. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 36–39.

Efri Yuni Astuti. (2015). Peran Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pencegahan Perilaku Menyimpang Siswa di SMK Ma’arif Nu Bobotsari Kabupaten Purbalingga Tahun 2014-2015 (p. 12).

Gustilianto. (2017). IMPLEMENTASI PANCASILA MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN JATIDIRI BANGSA. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 387–392.

Hanurawan, F., & Soetjipto, B. E. (2009). Pengembangan Buku Panduan Guru untuk Pembelajaran PKn SD/MI melalui Berbagai Model Cooperative Learning. Jurnal Sains Psikologi, 01(02).

Judiani, S. (2011). Kreativitas dan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(01).

Kurniawan, M. W. (2018). PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEWUJUDKAN WARGA NEGARA DEMOKRATIS. Laboratorium PPKn FKIP UNS.

Kusumawati, Y. (2017). Urgensi Nilai dan Moral Sebagai Subteoritis Pembelajaran PKn di SD. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 1(2).

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR NEGRI BOJONG 3 PINANG. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 97–104.

Nurmalisa, Y., Mentari, A., & Rohman, R. (2020). Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Civic Conscience. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 7(1), 34–46. https://doi.org/10.36706/jbti.v7i1.10082

Pahlevi, F. S. (2017). Eksistensi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Dalam Memperkokoh karakter Bangsa Indonesia. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 66–81.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permana, A. Y. (2006). PROFESIONALISME GURU SEBAGAI TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MEMPERSIAPKAN LULUSAN YANG PROFESIONAL : SUDAH SIAPKAH?

Prastowo, A. (2013). PERUBAHAN KURIKULUM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SD/MI DI INDONESIA: DARI KTSP MENUJU KURIKULUM 2013 Andi Prastowo. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(01), 36–52.

Retnasari, L., Hidayah, Y., & Dianasari. (2020). MEMBANGUN KOMPETENSI PEDAGOGIK CALON GURU SEKOLAH DASAR MELALUI BAHAN AJAR MATERI PEMBELAJARAN PKn SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 164–175.

Silvia, F., Sofyan, & Dkk. (2015). HUBUNGAN MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN PENINGKATAN WAWASAN KEBANGSAAN DAN SEMANGAT NASIONALISME MAHASISWA. JPIS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2).

Susanto, H. (2014). STUDI DESKRIPTIF KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA PEMBELAJARAN PKn DI KELAS TINGGI SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU.

Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Cita Pustaka Media.

Tirtoni, F. (2016). Pembelajaran PKn Di Sekolah Dasar: Inovasi Melalui strategi Habituasi Dan Program Kegiatan Sekolah Berkarakter. CV Buku Baik.

Ulfah, N. (2018). Pengembangan Kompetensi Profesional Calon Guru PKn MI : Pemahaman tentang Paradigma Baru PKn. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 3(1), 50–64.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Widiatmaka, P. (2016). Kendala Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Di Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Civics, 13(2).

Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Isi, Strategi, dan Penilaian. Bumi Aksara.

Winarno. (2020). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Geovany Sabaritha Nimaisa, Dinie Anggraeni Dewi, Syalwa Poetri Chiekal Amalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.