ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

Stelie D. Ratumanan, Sarah Sahetapy, Babang Robandi

Abstract


Kondisi pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 mengalami banyak sekali perbedaan yang signifikan yang dirasakan langsung oleh pelaku pendidikan, didalamnya Guru dan juga Siswa. Ada yang sudah siap menghadapi perubahan, tetapi ada juga yang belum. Hal ini terjadi juga pada salah satu Sekolah Negeri yang ada di daerah terpelosok di Kabupaten Maluku Barat Daya. Dimana melalui sistem pembelajaran Daring sekolah mengalami banyak sekali kendala saat proses pembelajaran, baik dari segi ketersediaan sarana prasarana, guru dan siswa yang kurang terampil dalam melaksanakan pembelajaran daring, minimnya jaringan akses internet, kurangnya perhatian orang tua terhadap pendidikan anak dan lain sebagainya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa jauh ke efektifan pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan selama masa pandemi covid-19. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode kualitatif, tipe deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi terhadap data primer dan sekunder. Dari hasil analisis data yang dilakukan, maka diperoleh hasil penelitian diantaranya, minimnya kemampuan siswa dan guru dalam memahami proses belajar daring, kesulitan guru dalam melaksanakan proses penilaian terhadap siswa dengan situasi yang tidak bertatap muka secara langsung, kurangnya ketersediaan IT dan siswa yang kurang puas belajar daring karena menghadapi beberapa kendala saat belajar. Namun disisi lain, jika proses pembelajaran daring dilakukan tanpa ada halangan, tentu saat proses pelaksanaan akan sangat efektif, karena dapat efektif jarak, tenaga, waktu dan juga efisien dan ekonomis. Oleh karena itu pembelajaran daring dapat dipandang sebagai salah satu keunggulan kompetitif suatu institusi pendidikan.

Keywords


efektivitas; pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Faslah, Ronny. , dan S. H. B. (2017). Analisis Kesiapan Implementasi Elearning Menggunakan E-learning Readiness Model. Jurnal Positif, 03(02), 113–120.

Gedik, Ş., Miman, M., & Kesici, M. S. (2015). Characteristics and Attitudes of Entrepreneurs Towards Entrepreneurship. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 1087–1096. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.153

Kartini, Y. (2020). Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Penyelenggaraan Pembelajaran Online Sebagai Upaya Pencegahan Virus Corona Di Mi Muhammadiyah Pasirmuncang. Https://Ejournal.Stais.Ac.Id/Index.Php/Qlm.

Mayya, Suresh ramana. 2007. Integrating New Technology To Commerce Curriculum: How To Overcome Teachers’ Resistance?. The Turkish Online Journal Educational Technology. Vol.06. No.01. Thn. 2007. Pp. 8–14. Online at: https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED500073.pdf

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian kualitatif. PT Remaja Rosda karya.

Oktavian, R., & Fitra Aldya, R. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERINTEGRASI DI ERA PENDIDIKAN 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).

Park, S. Y. (2009). An Analysis of the Technology Acceptance Model in Understanding University Students’ Behavioral Intention to Use E-learning. Journal of Educational Technology & Society, 12(03), 150–160.

Ratumanan, Stelie. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. PSDKU Universitas Pattimura.

Sachs, David., and Hale, Nancy. 2003. Pace University’s Focus on Student Satisfactionwith Student Services in Online Education. Journal of Asynchronous Learning Networks. Vol.07. No.02. Thn 2003. Pp. 36–42

Santoso, Bambang., dan Legowo, Nilo. 2014. Faktor-faktor Kesuksesan E-learning dalam Meningkatkan Proses Belajar Mengajar di SMA Budi Mulia Karawang. Online at:https://www.academia.edu/34714944

Sawang, S., Newton, C., & Jamieson, K. (2013). Increasing learners’ satisfaction/intention to adopt more e‐learning. Education + Training, 55(1), 83–105. https://doi.org/10.1108/00400911311295031

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Van Raaij, E. M. , and S. J. J. L. (2008). The Acceptance and Use of a Virtual Learning Environment in China. Computers & Education, 50, 838–852.

Wahyu Aji Fatma Dewi, 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1 April 2020 Halm 55-61. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Yuni Kartini, 2020. Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Penyelenggaraan Pembelajaran Online Sebagai Upaya Pencegahan Virus Corona Di Mi Muhammadiyah Pasirmuncang. https://ejournal.stais.ac.id/index.php/qlm




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Stelie D. Ratumanan, Babang Robandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.